Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business | INDOnimous



Teknologi yang kian berkembang turut mempengaruhi perkembangan dunia bisnis, baik itu usaha kecil maupun besar. Untuk itu, pelaku usaha dituntut agar mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya.
Kebanyakan pelaku bisnis mulai mempromosikan produknya melalui teknologi yang didukung dengan kecepatan internet. Salah satunya melalui media sosial yang setiap harinya dikunjungi mulai usia muda hingga tua dari berbagai kalangan. Belakangan media sosial populer yang dimanfaatkan untuk memasarkan dan mempromosikan produk adalah instagram dan facebook.
Namun ternyata tak hanya itu, WhatsApp merilis aplikasi yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, yakini WhatsApp Business. Sebelumnya, WhatsApp hanyalah aplikasi berbagi atau lintas pesan yang memungkinkan penggunanya bertukar pesan tanpa biaya dengan memanfaatkan data internet. Namun kini, melalui WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaku usaha terhubung dengan pelanggan atau konsumennya melalui WhatsApp Business.
WhatsApp Business merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha kecil hingga perusahaan besar agar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan konsumennya.
Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari WhatsApp Business sebagai platform yang berdiri sendiri?

Kelebihan WhatsApp Business

Aplikasi yang diperkenalkan dalam format beta itu hadir dengan logo baru. Jika WhatsApp Messenger berlogo telepon bergagang, WhatsApp Business tampil dengan logo huruf B, namun tetap berlatar belakang warna hijau yang telah menjadi ciri WhatsApp.
WhatsApp Business bukan sekedar aplikasi bertukar pesan, terdapat fitur profil bisnis untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi terkait usaha Anda. Di antaranya adalah informasi terkait deskripsi bisnis, kategori, lokasi dan alamat, website dan email yang digunakan pebisnis.
Pada WhatsApp Messenger, pengguna dapat menukar nomor telepon dan hanya satu nomor. Namun pada WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor.
Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal. Sehingga, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis.
Menariknya lagi, WhatsApp Business menyediakan tiga fitur pesan otomatis. Pertama  away message. Fitur ini memungkinkan Anda membalas pesan dari konsumen secara otomatis, sehingga meski sibuk, Anda tetap bisa menjawab konsumen.
Kemudian gretting message, yang memungkinkan Anda menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.
Terakhir quick replies. Dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Mudah saja, Anda cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis Anda. Saat ada pesan masuk, Anda cukup menekan simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat. Dengan ini, Anda dapat menghemat waktu.
WhatsApp Business juga dapat memantau pesan terkirim dan yang masuk melalui statistik pesan yang disedikan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga dapat memilih kategori bisnis yang sudah terdaftar atau memilih “others” jika tidak ada pilihan untuk kategori bisnis Anda.
WhatsApp Business melakukan verifikasi pada akun bisnis Anda melalui nomor telepon yang didaftarkan. WhatsApp Business akan memberikan centang hijau pada akun Anda jika sudah terverifikasi.
Kelebihan lainnya, WhatsApp Business menyediakan fitur yang memudahkan Anda dalam mengelompokkan pesan. Pengelompokan pesan tersebut di antaranya prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar dan pesan selesai.

Kekurangan WhatsApp Business

Sebelum menggunakan WhatsApp Business, ada kekurangan yang dimiliki aplikasi ini. Aplikasi ini tidak memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama akun bisnisnya.
Setelah mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store, Anda akan diperingatkan bahwa nama akun bisnis tidak bisa diubah. Jadi, pastikan Anda telah memilih nama akun bisnis yang tepat.
Kemudian, menggunakan WhatsApp Business bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Messanger. Anda bisa menggunakan keduanya dalam satu ponsel. Namun, Anda harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya. Selain itu, WhatsApp Business menyarankan penggunanya untuk tidak mengganti nomor telepon, sehingga harus menggunakan nomor telepon yang permanen.
WhatsApp Business memang memudahkan Anda terhubung dengan konsumen. Namun, hal ini malah memungkinkan terjadinya kebocoran data pribadi Anda. Sebab, tidak sulit bagi orang lain untuk melihat data yang didaftarkan di aplikasi ini.

Penulis : V0l1-Yl

Post a Comment

Previous Post Next Post